8 Biji Kopi Kiloan Unik Asli Indonesia, Pernah Coba?

8 Biji Kopi Kiloan Unik Asli Indonesia, Pernah Coba? - Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia adalah tempat tumbuh berbagai jenis biji kopi yang memiliki cita rasa yang khas dan nikmat. Makanya, ada banyak merek kopi yang tersedia. Apalagi kini ada penyedia kopi kiloan yang membuat pembelian jadi terasa lebih murah. Nah, berikut ini 8 biji kopi terbaik asli Indonesia yang wajib dicoba. 

8-Biji-Kopi-Kiloan-Unik-Asli-Indonesia-Pernah-Coba

Bali Blue Moon

Jika Anda mencari kopi dengan tekstur lembut, yang lebih mirip dark chocolate, tapi punya rasa yang kaya, bisa mencoba Bali Blue Moon. Walau begitu, banyak yang merasa bahwa kopi jenis ini terasa lebih asam daripada beans kopi jenis lain dari Indonesia. 

Baca Juga: Kopi Kiloan Bubuk Asli Indonesia yang Patut Dicoba

Bali Blue Moon adalah kopi jenis Arabika yang langka dan hanya diproduksi sedikit oleh para petani yang tinggal di kawasan dataran tinggi Kintamani. Pohon kopi Bali Blue Moon ditanam dekat pohon-pohon buah sehingga menghasilkan rasa yang unik. 

Nah, untuk menjaga kualitas biji kopi sehingga saat jual biji kopi kiloan mendapat yang terbaik, petani hanya menggunakan pupuk organik dan melarang penggunaan pestisida.

Gayo Sumatera 

Sangat setuju jika Anda berpendapat bahwa Gayo Sumatera adalah kopi yang bersih dan manis. Kopi yang mengalami pemrosesan basah tersebut kemudian menghasilkan kopi yang berkualitas tinggi. Ini karena dalam biji memiliki kelembaban yang tinggi dan membuat keasamannya jadi rendah. 

Jika Anda berkesempatan membeli dari kopi kiloan murah terbaik dari Gayo Sumatera, bisa merasakan adanya campur rasa dari biji kakao, persik, bahkan bunga-bungaan. Rasa akhir kopinya juga lembut, cocok untuk Anda yang baru belajar minum kopi jenis arabika. 

Wilayah tumbuh kopi gayo saat ini ada di 3 kabupaten yaitu Gayo Lues, Takengon, dan Bener Meriah. Dan rata-rata ketinggian penanamannya yaitu 1200 sampai 1700 mdpl.

Toraja Sulawesi

Tahukah Anda bahwa biji kopi Toraja Sulawesi dianggap sebagai pesaing kuat biji kopi terkenal dari negara-negara lain, bahkan Amerika Serikat? Ini karena Toraja Sulawesi yang ditanam di dataran tinggi dan sebagian besar tumbuh sampai 1800 meter di atas permukaan laut. 

Jika diseduh dengan cara yang tepat, Anda kan mendapatkan kopi yang pekat, kaya rasa, lembut, dan sedikit manis. Banyak juga yang berpendapat bahwa dalam kopi Toraja Sulawesi tercium aroma seperti kayu cedar. 

Karena memiliki kelembaban yang tinggi, rasa pahit dari kopi tidak akan tersisa di langit-langit mulut seperti kopi kebanyakan. Ini menjadi kelebihan dari kopi Toraja Sulawesi sehingga banyak dijual dengan harga tinggi. Jika Anda berminat, kini juga tersedia berbagai pilihan kopi kiloan murah yang bisa dicoba.

Java Mocha Blend

Rekomendasi kopi kiloan yang wajib Anda coba adalah Java Mocha Blend. Kopi ini sangat cocok dijadikan kopi tubruk bagi anda yang suka kopi jenis blend. Nah, Java Mocha Blend adalah biji kopi robusta dan kebanyakan dihasilkan di kawasan Temanggung, di antaranya kecamatan Bejen, Candiroto, Jumo, Kandangan, Wonoboyo, dan Pringsurat. 

Makanya, Java Mocha Blend menjadi oleh-oleh khas yang menarik. Banyak yang mengatakan bahwa kopi Java Mocha ini adalah kopi kelas dua. Namun karena diproses secara basah, rasa keasamannya masih bisa diterima dan terbilang rendah. Selain itu, after taste dari kopi tersebut adanya rasa rempah yang khas, jadi bisa diterima oleh pemula.

Soal penyajian, ada 3 cara penyajian yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan lidah. Yaitu tubruk, Vietnam Drip, dan Blended Coffee. Namun jika tertarik dengan penyajian asli, tentu menggunakan teknik tubruk. 

Sumatra Mandheling 

Dalam sejarah, daerah pertama yang ditanami kopi Arabika adalah Desa Pakantan, Mandailing Natal. Untuk itu kopi berasal dari Sumatera ini terkenal dengan kualitasnya yang terbaik. Sebut saja seperti di kawasan Sambang Banyak, kebun kopi yang telah berumur puluhan tahun lebih. 

Sementara itu, pohon kopi Mandheling Sumatera banyak ditemukan di lereng Gunung Leuser yang terkenal sebagai daerah yang subur di Sumatera Barat. Keunikan lain yang dimiliki adalah proses pembuatan yang dinamai dengan 'Giling Basah', atau penggilingan yang melibatkan kadar air sebesar 50%. 

Karena proses pengolahannya tersebut, Sumatera Mandheling memiliki tingkat keasaman yang rendah, sedikit terasa pedas, dan pekat. Untuk informasi beli kopi kiloan dengan biji Sumatra Mandheling kini bisa diperoleh di internet dengan mudah. 

Petit La Java

Berasal dari Jawa Tengah, khususnya Temanggung, ada juga kopi kiloan Petit La Java yang diolah dari biji kopi robusta terbaik dan tanpa campuran apa pun alias 100% asli. Tekstur rasa dari kopinya sendiri cenderung strong, dengan campuran rasa dark chocolate dan aroma mocca yang menggugah semangat. 

Layaknya kopi robusta lainnya, hasil kopinya tidak terlalu lembut, tapi justru cocok disajikan dengan cara tubruk, mokapat, dan blended coffee. Kopi Petit La Java bisa jadi 'amunisi' bagi Anda saat ingin bergadang.

Kopi Papua Wamena

Termasuk dalam biji kopi arabika, kopi Papua Wamena seperti namanya yang memang berasal dari Wamena, Lembah Baliem, Papua. Pada ketinggian 1200 sampai 1600 meter di atas permukaan laut, pohon kopi ini di tanam di sekitar lembah Gunung Jayawijaya, yang membentang 80 km. 

Soal rasa, tingkat keasaman Kopi Papua Wamena lebih aman dibandingkan dengan biji kopi asal Papua lainnya. Jadi, jika Anda ingin stok kopi kiloan Papua Wamena sangat disarankan, terutama jika Anda menyukai kopi dengan rasa lembut dan harum. 

Banyak yang berpendapat bahwa Kopi Papua Wamena memiliki aroma seperti bunga. Mungkin karena ditanam tanpa pestisida dan jenis kimia apa pun. Jadi, kopi ini sangat unik dan layak dicoba.

Kopi Bali Kintamani

Kopi Bali Kintamani punya biji kopi yang ukurannya lebih besar, jika dibandingkan kopi arabika lainnya. Soal rasa, Kopi Bali Kintamani ini punya rasa yang menyegarkan tanpa meninggalkan kepekatan rasa kopi yang nikmat. Ini berkaitan dengan pohon kopi yang ditanam oleh para petani berdekatan dengan penanaman pohon jeruk dan aneka sayuran. 

Kopi ini tak sekadar dinikmati warga lokal, tapi sudah menjadi oleh-oleh khas Bali, bahkan diekspor ke Jepang, Eropa, bahkan Australia. Bahkan, juga tersedia kopi kiloan Bali Kintamani yang siap Anda bawa pulang jika datang dari Bali. 

Termasuk dalam kopi arabika, pohon Kopi Bali Kintamani bisa Anda temukan di sekitar Gunung Batur, Kabupaten Bangli dan ditanamkan di atas tanah dengan ketinggian 1000 mdpl. 

Itulah dia 8 biji kopi kiloan unik asli Indonesia yang punya cita rasa unik dan biasanya, tersedia dalam bentuk kopi kiloan asli. Banyak yang memilih membeli kopi dengan jumlah beberapa kilo sekaligus supaya bisa jadi stok di rumah. Soal harga kopi kiloan, tentu berbeda antara satu merek dengan merek lainnya. Sama dengan rasa, semua tergantung dengan selera masing-masing. Jadi, mana di antara 8 di atas yang membuat Anda penasaran dan ingin coba?