Mengenal Asal Usul dan Serba-Serbi Kopi Gayo

Mengenal Asal Usul dan Serba-Serbi Kopi Gayo - Kopi Gayo merupakan salah satu jenis kopi khas yang ada di Indonesia. Kopi gayo berasal dari Aceh dan masuk dalam salah satu jenis kopi yang terbaik di dunia. Aroma yang luar biasa dari arabica gayo telah diakui oleh para penikmat kopi di seluruh dunia.

Mengenal-Asal-Usul-dan-Serba-Serbi-Kopi-Gayo

Kopi Gayo masuk sebagai salah satu kopi terbaik karena rasa kopi gayo yang dinilai luar biasa, Kopi Gayo sendiri menjadi kopi terbaik karena memiliki aroma dan cita rasa yang menggoda. Siapa sangka bahwa kopi terbaik yang diakui di seluruh dunia ini asli dari tanah air tercinta.

Asal Usul Kopi Gayo

Kopi gayo adalah jenis kopi Arabica yang dibudidayakan di dataran tinggi Gayo Lues dan Tanah Gayo, Aceh Tenggara. Ciri atau karakter kopi gayo adalah memiliki buah berwarna hijau gelap dengan ukuran sedikit besar. Tinggi dari pohon kopi gayo sekitar 7 meter dengan daun yang bentuknya oval.

Baca Juga: Khasiat dan Filosofi Kopi Gayo Yang Harus Anda Ketahui

Meski kopi gayo secara alami memiliki ukuran pohon yang cukup tingi, namun di perkebunan kopi gayo tinggi dari pohon kopi gayo diatur sekitar 2 hingga 3 meter saja. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan proses panen nantinya. 

Budidaya kopi gayo membutuhkan waktu sekitar 3 tahun agar pohon kopi gayo dapat menghasilkan buah pertamanya. Dalam satu tangkai pohon kopi gayo umumnya bisa menampung hingga 15 bunga bakal biji kopi arabika gayo. 

Sejarah Kopi Gayo

Dibalik aroma serta cita rasanya yang mendunia, ternyata ada sejarah di balik kelezatan kopi gayo aceh. Dalam catatan sejarah, tersebut bahwa kopi gayo ini ditemukan pertama kali oleh Sheikh Omar. Sheikh Omar sendiri merupakan seorang ahli atau tabib yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Karena kemampuannya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit begitu luar biasa, Sheikh Omar akhirnya diasingkan di sebuah gua padang pasir di sekitar Ousab. Di sana Sheikh Omar berusaha bertahan hidup dengan mencari makanan serta tumbuh-tumbuhan sekitar gua.

Suatu hari, Sheikh menemukan sebuah pohon dengan biji hijau besar. Sheikh lalu memakan biji tersebut namun rasanya sangat pahit sungguh jauh berbeda dari penampakan buahnya yang terlihat manis dan segar berwarna merah. 

Sheikh lalu mencoba untuk memanggang buah tersebut hingga menjadi keras lalu menumbuknya. Setelah buah tersebut melunak, Sheikh lalu merebusnya dan air rebusan tiba-tiba berubah menjadi kecoklatan dengan aroma yang nikmat. 

Ketika meminum ramuan tersebut, Sheikh Omar merasakan sensasi tertentu. Ramuan atau cairan yang ditemukan Sheikh tersebut pada akhirnya juga dapat menyembuhkan penyakit dari putri Raja Mochas yang cukup misterius. 

Jenis – Jenis Kopi Gayo Terpopuler

Jika dikelompokkan dalam jenisnya, kopi gayo secara umum terbagi dlama 2 jenis. Dua jenis kopi gayo Aceh ini merupakan jenis atau varietas yang paling diunggulkan oleh petani lokal kopi gayo. Masing-masing jenis memiliki karakteristik tersendiri. 

Jenis Kopi Gayo 1

Kopi Gayo 1 merupakan jenis kopi gayo yang diunggulkan saat ini. Sebelum kopi gayo 1 ini ditemukan, ada setidaknya 60 jenis kopi gayo yang sudah dikembangkan oleh petani lokal. Lalu, dilakukan beberapa seleksi khusus terhadap homogenitas hingga ditemukan kopi gayo 1 yang merupakan salah satu jenis kopi gayo yang unggul dalam perisa serta enzymatic. 

Kopi Gayo jenis 1 merupakan perpaduan antara robusta dan arabika Timor. Namun penelitian ini masih simpang siur. Belum ada penjelasan pasti dari mana asal kopi Gayo jenis 1 ini.  Meski demikian, terlepas dari asal usulnya,  karakteristik dari kopi gayo 1 ini cukup kuat dari segi rasa. Karakteristik dari kopi Gayo 1 antara lain:

  1. Pohonnya tinggi serta kokoh
  2. Daunnya hijau tua
  3. Pupus daunnya berwarna coklat muda
  4. Buah muda warnanya hijau terang
  5. Buah yang sudah masak berwarna merah terang
  6. Buah memanjang dengan ujung yang tumpul
  7. Hasil seduhan baik
  8. Buahnya tidak bisa matang secara bersamaan
  9. Pohonnya sangat tahan terhadap karat daun

Kopi Gayo Jenis 2

Kopi gayo jenis 2 merupakan hasil persilangan arabika dan jenis kopi Timor Timur. Melalui persilangan tersebut ditemukan tanaman yang cocok untuk lingkungan gayo. Karakteristik dari kopi gayo jenis 2 adalah:

  1. Dapat ditanam pada dataran tinggi
  2. Pohon umumnya berbentuk perdu lebar
  3. Daunnya hijau tua
  4. Buahnya bulat dan merah muda saat matang
  5. Hasil seduhan sangat baik
  6. Pohonnya dapat tahan sedikit dari karat daun
  7. Pupus daunnya memiliki warna merah kecoklatan

Harga Kopi Gayo

Kopi Gayo terus mendunia hingga saat ini. Harga untuk kopi gayo sendiri bervariasi tergantung dari kemasan serta mereknya. Untuk satu kemasan kopi gayo hitam di kisaran harga 80 ribu rupiah sedangkan kopi gayo jenis green coffee dihargai sekitar 140 ribu rupiah per kemasan. 

Kopi dengan cita rasa kompleks serta pekat ini telah mendominasi sebagai kopi Arabika terbaik dibandingkan dengan kopi lainnya yang sejenis. Tak heran jika kopi ini cukup terkenal hingga ke seluruh dunia. 

Untuk dapat menikmati kopi gayo, Anda bisa membeli melalui online maupun di toko yang menjual kopi gayo. Saat ini ada banyak produsen serta distributor dari kopi gayo yang bisa dengan mudah dijumpai dengan harga dan mutu bersaing. 

Teknik Membuat Kopi Gayo Yang Nikmat

Kopi gayo merupakan kopi unggulan Indonesia yang volume atau tingkat ekspornya sangat tinggi. Cara serta teknik yang tepat ketika menikmati kopi gayo dapat membuat cita rasa serta aromanya menjadi lebih nikmat.

Suhu serta cara roasting pada biji kopi gayo juga menjadi penentu kenikmatan kopi gayo agar aromanya lebih nikmat lagi. Suhu untuk menyeduh kopi gayo sebaiknya tidak terlalu tinggi agar tidak merusak cita rasa serta aroma asli dan unik dari kopi gayo. 

Untuk dapat menikmati secangkir kopi gayo yang nikmat, ada teknik tersendiri. Teknik cara membuat kopi gayo ini bisa dijadikan pedoman untuk mendapatkan kopi gayo dengan aroma serta kekentalan yang pas dan sesuai. 

Cara untuk menyeduh Kopi Gayo adalah dengan memilih terlebih dulu biji kopi gayo sesuai dengan selera. Untuk jenis kopi gayo 1 lebih kuat pada cita rasanya sedangkan kopi gayo 2 memiliki keunggulan pada aroma. Sebaiknya pilih biji yang masih berbentuk green bean.

Selanjutnya lakukan roasting terhadap green bean yang sudah dipilih. Roasting sebaiknya dilakukan dengan metode light roasting. Tujuannya agar rasa dan tingkat keasaman yang didapatkan bisa sesuai. Setelahnya hancurkan biji roasting-an untuk diseduh.

Untuk menyeduh kopi gayo, gunakan suhu sekitar 80 hingga 90 derajat celcius. Untuk takarannya, per 17 gram kopi gayo diseduh dengan air 100 ml. seduh bubuk kopi gayo dan aduk perlahan lalu endapkan kopi sebelum dinikmati.

Ada cara khusus juga untuk menikmati Kopi Gayo agar lebih nikmat. Kopi gayo memiliki cita rasa unik keasaman sehingga lebih baik untuk dinikmati tanpa gula. Jika diseduh tanpa gula, maka cita rasa nikmat alami dari kopi gayo akan bisa dinikmati dengan sempurna.