Cara Memilih dan Menyimpan Kopi Mentah Yang Tepat

Cara Memilih dan Menyimpan Kopi Mentah Yang Tepat - Kopi mentah atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai green beans merupakan kopi yang belum melewati pemrosesan, biasa diperoleh setelah panen untuk kemudian dipasarkan atau diolah sendiri oleh petani menjadi kopi yang siap dikonsumsi.

Cara-Memilih-dan-Menyimpan-Kopi-Mentah-Yang-Tepat

Seiring dengan mudahnya akses informasi, masyarakat kini kian teredukasi dengan pilihan-pilihan mereka terkait perkopian. Kopi telah menjadi budaya. Itu mungkin adalah dampak nyata yang ditimbulkan oleh media. Kita tahu, kehadiran film seperti Filosofi Kopi tak dielakkan ikut membentuk selera anak muda. Ditambah menjamurnya kedai-kedai kopi bernuansa indie dan anak senja.

Berkreasi dengan Kopi Mentah

Anak-anak muda sekarang lebih memilih pergi ke kedai langganan mereka ketimbang membuat kopi sendiri dari bubuk-bubuk komersial yang dijual di warung-warung kelontong. Karena jika sudah menjadi selera dan gaya hidup, siapa yang peduli dengan harganya.

Baca Juga: Tips Memilih Biji Kopi Mentah yang Baik

Mereka cenderung lebih memilih membayar empat belas ribu rupiah untuk satu cangkir racikan Arabika di kedai ketimbang meminum kopi saset Kapal Air. Ini juga menjadi bukti bahwa kopi adalah pasar yang prospektif di negeri seribu pulau ini, terlebih peminatnya kebanyakan adalah usia produktif.

Alternatif lainnya adalah membeli biji kopi sendiri dari toko online. Karena peralatan membuat kopi ala kedai gampang sekali didapatkan, dan setiap orang selalu punya sisi kreatif di dalam dirinya, maka tak heran jika tidak sedikit peminat kopi yang berpikir lebih inovatif dengan mengolah kopi mentah sendiri.

Mengolah kopi mentah tentu memberikan penikmatnya kebebasan berkreasi yang tanpa batas. Seseorang dapat menentukan tingkat kematangan dengan mengatur durasi pemanggangan. Seseorang dapat menentukan tekstur bubuk yang diinginkan dengan mengatur ukuran penggilingan. Banyak hal dapat disesuaikan sendiri. Inilah yang mungkin menarik banyak peminat.

Jika kamu adalah salah satu peminat kopi yang mencoba berkreasi tanpa batas dengan mengelola kopi mentah sendiri di rumah, dua hal yang mungkin harus kamu pertimbangkan sebelum pengolahan adalah pemilihan biji kopi dan penyimpanan yang akan dibahas berikut ini.

Cara Memilih Biji Kopi Mentah

Memilih biji kopi mentah sama seperti memilih jurusan kuliah karena kamu harus memperhatikan beberapa pertimbangan. Bedanya, jika kamu merasa salah memilih jurusan kuliah, kamu mungkin bakal sering bolos karena tidak menemukan kenikmatan di kelas. Namun, jika kamu salah memilih biji kopi mentah, kamu bakal membeli biji kopi yang lain.

Supaya tidak boros, maka kamu harus punya strategi dalam memilih kopi. Inilah beberapa strategi yang dapat kamu aplikasikan dalam petualanganmu di dunia perkopian:

1. Sesuaikan dengan preferensimu

Kata filsuf Yunani Socrates, hal terpenting dalam hidup ini adalah mengenali diri sendiri. Petuah tersebut masih relevan hingga saat ini. Dengan mengetahui seleramu, kamu tidak perlu bingung pada situasi apa pun, bahkan jika di depanmu disuguhkan seribu macam kopi mentah.

Umumnya kopi dibagi menjadi dua jenis: Arabika dan Robusta. Arabika tumbuh di dataran tinggi seperti di daerah pegunungan, terkenal memiliki rasa yang sedikit asam dan kebuah-buahan. Sementara Robusta tumbuh di dataran rendah, mempunyai cita rasa yang pahit kuat dan membumi.

2. Periksa tanggal pengemasan

Jika kamu memutuskan untuk membeli dari toko online atau produsen kopi mentah, hal yang yang perlu kamu soroti pertama adalah tanggal pengemasan. Ini tentu akan berpengaruh pada kekuatan rasa yang akan dihasilkan biji kopi tersebut, tak peduli jika kamu akan memanggangnya dengan pertimbangan yang benar.

Apabila biji kopi yang kamu beli disimpan dalam karung goni, kamu dapat melihat kualitasnya dengan menggunakan indera penciuman. Aroma kopi yang keluar dari biji-biji tersebut masih tebal dan kuat, itu menunjukkan bahwa biji kopi tersebut layak banget untuk kamu bawa pulang.

3. Beli sedikit saja

Atur anggaran perkopianmu dengan membeli biji kopi dalam skala yang kecil saja. Ini akan berfaedah jika kamu masih ingin menjelajahi varietas kopi lain yang melimpah di Indonesia. Terlebih kamu orangnya gampang bosan dan selalu ingin mencoba hal baru.

4. Beli langsung dari petani

Bila memungkinkan tentu sangat disarankan untuk mendapatkan biji kopi langsung dari petaninya. Kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan baru dari si petani jika kamu cukup ramah mau bertanya-tanya. Sebab perjalanan biji kopi adalah perjalanan yang panjang, melalui satu tangan ke tangan yang lain.

Cara Menyimpan Biji Kopi Mentah

Kalau sudah membeli kopi mentah, tentu kamu harus menyimpannya dengan benar agar tidak ada gangguan di kemudian hari. Nah, berikut ini adalah tips yang dapat kamu terapkan di rumah supaya biji kopimu tetap segar ketika akan disangrai.

1. Simpan di wadah kedap udara

Jika biji kopi yang kamu beli sudah benar-benar kering, sebaiknya memang disimpang di wadah kedap udara yang kering juga. Ini untuk menjaga kelembaban udara agar tetap pada semestinya. Semua aroma alami yang terkandung dalam butir-butir biji akan terkunci di dalam wadah sehingga terhindar dari jamur penyebab bau apek.

Namun, jika kamu membeli biji kopi dalam jumlah yang lumayan banyak, ada baiknya juga meniru cara penyimpanan yang dipakai petani-petani sejak lama yaitu diwadahi dalam karung goni. Meskipun tidak kedap udara, karung goni juga memiliki kemampuan mengunci aroma dan menghindarkan butir-butir kopi dari jamur.

2. Simpan di suhu ruang

Kamu tentu tidak ingin biji-biji kopi yang sudah kamu masukkan ke dalam wadah, khususnya karung goni, mengalami gangguan dari pihak-pihak eksternal tak diinginkan seperti tikus, jamur, dan bahkan serangga-serangga kecil yang menyebalkan.

Oleh sebab itu, usahakan untuk menyimpan biji kopimu di dalam suhu ruangan. Ini bertujuan untuk menghindarkan kopi dari udara lembab yang memancing pertumbuhan jamur. Selain fungsinya, menyimpan kopi mentah di dalam wadah karung goni akan terkesan klasik dan enak dipandang.

3. Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan air

Ini juga tidak kalah penting. Jika di rumahmu memang ada anak-anak, maka sebisa mungkin jauhkan dari jangkauan mereka. Mungkin kamu berpikir bahwa mereka bukan masalah, tetapi suatu saat mereka bisa saja menjadikannya sebagai objek permainan.

Menghindarkan biji kopi dari air juga penting. Ini untuk menjaga agar kopimu tetap kering sehingga saat kamu ingin menyangrai, kamu tidak perlu lagi menjemurnya kembali di bawah terik matahari.

Demikianlah beberapa tips cara memilih dan menyimpan kopi mentah yang tepat agar kamu terhindar dari perbuatan yang mubazir. Semoga setelah menyimak tips di atas kamu terpancing untuk mencari referensi yang lebih detail, atau bahkan pergi ke petaninya langsung.

Bagaimanapun, selalu ada pengalaman baru yang harus kamu bayar untuk berkreasi. Tak terkecuali dengan kopi. Pilihlah biji kopi mentah yang sesuai dengan seleramu, dan jangan membelinya dalam jumlah banyak jika masih penasaran untuk mencoba varietas lainnya.