Fakta Kopi Aroma, Kopi Terkenal yang Perlu Kamu Tahu

Fakta Kopi Aroma, Kopi Terkenal yang Perlu Kamu Tahu - Kopi Aroma merupakan home industry yang menjual biji kopi dan bubuk kopi dalam jumlah terbatas. Hingga saat ini, Kopi Aroma dilanjutkan oleh generasi kedua. Pecinta kopi atau bukan, tak ada salahnya mengenali merek kopi legendaris ini. Kopi Aroma adalah kopi yang sudah bertahan hampir seabad dan dikenal dengan cita rasanya yang khas. Bahkan pemanggangannya pun masih menggunakan panggangan jadul lho. Kali ini saya akan membahas mengenai beberapa Fakta Kopi Aroma yang harus Anda Ketahui.

Fakta-Kopi-Aroma-Kopi-Terkenal-yang-Perlu-Kamu-Tahu

Kopi Aroma, Kopi Legendaris Kualitas Unggul 

Kebanyakan orang mungkin akan menggelengkan kepala jika bertanya tentang Tan Houw Sian. Begitu juga jika Anda menyerahkan selembar kertas bertuliskan 'Koffie Fabriek' di kawasan Banceuy. Namun, jika Anda bertanya tentang aroma kopi, kemungkinan hampir semua orang mengenalnya. Jika Anda menyukai kopi sangrai jadul, kopi Aroma bisa menjadi pilihan Anda.

Baca Juga: Olahan Kopi Harum Khas Kopi Aroma

Kopi Aroma Memiliki Rasa Kopi Kualitas Dunia

Cara pengolahan yang masih tradisional dan tanpa bahan pengawet juga turut andil dalam kualitas dan cita rasa kopi Aroma. Sebelum disangrai, Kopi Aroma telah dimatangkan selama bertahun-tahun agar semakin nikmat.

Beberapa Fakta Dibalik Kopi Aromatik Bandung Yang Banyak Orang Belum Tahu

Proses Organik

Seperti disebutkan sebelumnya, kopi Aroma diproses secara tradisional. Kopi Aroma disangrai dengan bahan bakar kayu bakar. Memang proses penyangraian Kopi Aroma bersifat organik, dalam artian masih menggunakan cara lama yang sangat bergantung pada keahlian sang penyangrai. Jadi Aroma Kopi juga tidak mengandung bahan kimia apapun.

Peralatan Tradisional

Hingga saat ini, kopi Aroma masih setia pada sangrai tua berbahan bakar kayu. Proses penyangraian dengan roaster tua ini juga dinilai membuat cita rasa kopi Aroma tiada duanya. Jika proses sangrai kopi dengan alat modern hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit, dengan teknik Aroma tradisional, Anda harus lebih bersabar untuk mendapatkan Aroma sangrai Kopi yang dianggap berkualitas.

Untuk kematangan yang sempurna, limbah kayu karet digunakan sebagai bahan bakar. Kayu dipercaya dapat membuat kopi sangrai lebih sempurna. Panas rendah yang dihasilkan oleh kayu karet akan menghasilkan Aroma Kopi yang sempurna setelah proses penyangraian selama 2 jam.

Rasa Kualitas Dunia

Kopi itu sendiri adalah varietas Arabika dan Robusta berkualitas tinggi. Sehingga kopi akan selalu berkualitas tinggi dan segar.

Penyimpanan Biji Kopi yang Lama

Kopi berkualitas yang diperoleh dari pabrik Aroma Coffee kemudian dijemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering. Proses pengeringan memakan waktu 3-4 hari, hingga kadar airnya mencapai 9-10%. Setelah itu kopi tidak langsung disangrai, melainkan dimatangkan selama 5-8 tahun. Proses ini bertujuan untuk mengurangi tingkat keasaman dan kafein. 

Tidak Membuka Cabang Di Tempat Lain

Seperti kopi jadul dan tradisional, cara pemasarannya sama. Kopi Aroma tidak membuka cabang atau agen penjualan seperti pabrik kopi papan atas. Jadi untuk membelinya kamu harus datang langsung ke tokonya atau menitipkan pada teman.

Maksimal Pembelian Hanya 5 Kilogram

Anda dapat membeli kopi Aroma dalam jumlah berapa pun asalkan di bawah atau sama dengan 5 kg per orang. Lagi pula, satu kepala hanya bisa membeli maksimal 5 kg. Hal ini terkait dengan kualitas kopi yang dibeli. Kopi secukupnya saja bisa langsung diseduh dengan aroma yang kuat dan rasa khas Aroma. Lain halnya jika Anda membeli kopi dalam jumlah banyak. Kemungkinan Anda akan menyimpannya lebih lama. Dikhawatirkan, kopi akan cepat menjadi apek dan memburuk jika tidak disimpan dengan baik.

Jadi mubazir, kan? Selain itu, Kopi Aroma direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah 1 minggu hingga 1 bulan sejak pembelian. Selain itu, pemilik akan lebih menyukai jika aroma kopi dapat dinikmati secara merata oleh banyak orang.

Tidak Memiliki Situs Web Khusus

Para pebisnis masa kini mungkin cemberut melihat ada pebisnis yang tidak mau melebarkan sayap lebih lebar dengan membuat situs keren yang melayani pembelian online. Tapi itulah kenyataannya..

Harga terjangkau

Misalnya, kopi Mokka Arabica Aroma dibanderol dengan harga Rp. 17.500, sedangkan tipe Robusta dengan ukuran yang sama dibandrol dengan harga Rp. 12.500.

Ulasan Kopi Aroma

Beberapa pabrik kopi telah bertahan selama hampir satu abad. Kopi Aroma adalah salah satunya. Kopi Aroma diproduksi secara tradisional. Alat produksinya masih menggunakan teknologi lama, namun dengan keahlian para roaster yang jarang ditemui saat ini, Kopi Aroma tetap menyajikan kopi berkualitas tinggi. Proses ini untuk mengurangi tingkat keasaman dan kafein. Hasilnya adalah Aroma kopi yang lembut dan nikmat, serta aman bagi anda yang memiliki lambung sensitif.

Soal harga, karena tidak ada tengkulak (Kopi Aroma tidak melayani pembelian secara online atau bahkan memiliki agen penjualan), Anda bisa mendapatkan kopi Aroma dengan harga yang sangat terjangkau. Pilihan ukuran 100 gram, 250 gram, 500 gram, 750 gram hingga 1 kg. Pembelian maksimal 5kg.

Cara Menyeduh Kopi Aroma yang Tepat

Beli Kopi Segar 

Tidak dapat disangkal bahwa kopi berada pada kualitas terbaiknya hanya beberapa hari setelah diproses. Berhati-hatilah jika Anda membeli kopi dari supermarket karena oksigen dan cahaya terang dapat merusak rasa kopi.

Menjaga Kopi Tetap Segar

Setelah Anda mendapatkan kopi yang baru digiling, pastikan Anda menyimpannya dalam wadah kedap udara. Stoples kaca atau keramik dengan tutup karet adalah pilihan yang baik untuk menyimpan kopi. Jika Anda ingin membeli kopi, sesuaikan jumlah untuk persediaan 5 hingga 7 hari agar Anda dapat menikmati kopi segar tanpa mengubah rasanya.

Pilih Varian Kopi yang Enak

Mereka akan berusaha mencari varian dengan rasa yang pas dan sesuai selera. Hampir semua pemburu kopi mencari kopi dari jenis Arabica. Bagi yang ingin merasakan sensasi yang lebih kuat pilihlah robusta dengan kandungan kafein yang tinggi.

Giling Kopi Anda Sendiri

Kopi mulai menurun kualitasnya sejak kopi digiling. Kopi dengan rasa terbaik diperoleh dari kopi yang baru digiling.

Gunakan Air Berkualitas

Tidak ada yang bisa merusak rasa kopi selain air keran yang mengandung klorin. Air yang biasa digunakan adalah air mineral kemasan atau air ledeng yang disaring menggunakan karbon aktif. Yang perlu diperhatikan adalah kandungan mineral dalam air yang baik justru mempengaruhi hasil seduhan kopi.

Hindari Filter Kopi Murah

Anda juga dapat menggunakan filter emas yang dapat digunakan kembali seperti SwissGold. Filter jenis ini dapat memberikan rasa yang maksimal pada cangkir kopi Anda.

Hati-Hati Dengan Air Panas

Air yang terlalu panas akan mengekstrak kandungan dalam kopi yang membuatnya terasa lebih pahit. Suhu yang tepat untuk menyeduh kopi adalah sekitar 200 F, atau air mendidih yang tersisa selama sekitar 45 detik.

Jaga Kebersihan Peralatan Kopi Anda

membersihkan toples dan penggiling kopi setiap beberapa minggu dapat menghilangkan minyak dari kopi yang menumpuk di alat.

Demikian pembahasan mengenai Fakta Kopi Aroma,semoga artikel ini bermanfaat.