Khasiat dan Filosofi Kopi Gayo Yang Harus Anda Ketahui

Khasiat dan Filosofi Kopi Gayo Yang Harus Anda Ketahui - Kopi Gayo merupakan salah satu tanaman perkebunan yang merupakan produk ekspor unggulan di Indonesia. Pohon kopi ini ditanam di Dataran Tinggi Gayo yaitu Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Produksi tahunan mencapai lebih dari 200.000 ton. Kopi juga menjadi penopang utama perekonomian masyarakat. Dan sudah banyak dikenal oleh konsumen luar negeri.

Khasiat-dan-Filosofi-Kopi-Gayo-Yang-Harus-Anda-Ketahui

Kopi Organik

Kopi organik termasuk dalam pasar kopi baru yang disebut kopi spesial. Pengertian kopi organik sendiri adalah kopi yang diproduksi dengan menganut paham pertanian berkelanjutan. Tentu saja, Anda harus mempertimbangkan aspek konservasi sumber daya alam. Kemudian keamanan lingkungan dari senyawa pencemar. Juga keamanan tanaman untuk kesehatan manusia dan nilai gizi. Bahkan aspek sosial ekonomi juga menjadi penilaian.

Baca Juga: Mengenal Asal Usul dan Serba-Serbi Kopi Gayo

Kopi jenis ini hanya dapat tumbuh pada kondisi sumberdaya lahan dengan kesuburan tanah yang tinggi, curah hujan yang cukup dan daya dukung lingkungan yang tinggi. Dan Kopi Gayo adalah contoh yang bagus. Pengelolaan tanah memainkan peran penting dalam menyediakan bahan organik di dalam tanah. Pengendalian hama dilakukan secara biologis.

Kenapa Kopi Gayo Lebih Mahal?

Inilah beberapa alasan yang membuat kopi dari Aceh memiliki harga yang mahal di dunia. Pertama, petani kopi Gayo di dataran tinggi Gayo, sebagian besar menanam kopi varietas Gayo 1 (G-1) dan Gayo 2 (G-2) dan P-88. Ketiga jenis di atas disebut oleh Kementerian Pertanian sebagai varietas kopi unggulan di Indonesia.

Kedua, iklim dan jenis tanah tempat tumbuh sangat mendukung produksi kopi beraroma kuat. Dataran Gayo terletak pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Ketiga, petani kopi Gayo memiliki teknik pengolahan basah yang unik sehingga menghasilkan kopi yang sangat nikmat. Keempat, petani sangat menyadari tuntutan konsumen yang masih menginginkan sistem pertanian organik. Dan para petani di dataran tinggi Gayo mempertahankan sistem itu.

Harga Kopi Gayo

Harga kopi yang dihasilkan petani di Dataran Tinggi Gayo berada di atas harga rata-rata kopi dari daerah lain bahkan dunia. Untuk menjelaskan berapa harga kopi ini, dapat digambarkan jika saat ini harga kopi giling di tingkat petani adalah 45.000 – 50.000 per kilogram. Sedangkan harga biji kopi siap olah atau Green Bean Coffee di tingkat pengepul berkisar antara Rp 90.000 - 100.000 per kilogram.

Harga lebih tinggi dari harga FOB. pelabuhan pelayaran yang saat ini rata-rata berada pada kisaran Rp. 105.000 – 120.000 per kilogram. Mengapa Kopi Arabica Gayo bisa dibeli mahal, karena memiliki kelebihan. Salah satunya adalah Geographical Indication Certificate (IG) yang telah diakui oleh berbagai lembaga kopi dunia.

Efeknya, kopi ini bisa menentukan harganya sendiri tanpa mengacu pada harga pasar dunia. Selain itu, spesifikasi kopi Gayo yang khas dengan kualitas premium tidak membuat pembeli ragu. Seiring dengan berkembangnya kedai kopi di Indonesia, permintaan Kopi Gayo dalam negeri juga meningkat. Permintaan dari Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Batam dan lainnya terus meningkat. Sedangkan di kota besar bahkan bisa mencapai Rp800 ribu.

Manfaat Kopi Gayo

Berdasarkan beberapa sumber, dapat disimpulkan bahwa kopi memiliki manfaat sebagai berikut:

Menjaga Kesehatan Jantung

Banyak penelitian telah menemukan kafein dalam kopi dapat membantu pengaturan hati. Ini juga dapat mengurangi risiko pengembangan autoimun sclerosing cholangitis (PSC) yang dapat menyebabkan sirosis hati, gagal hati, dan bahkan kanker. Studi lain juga menemukan bahwa peminum kopi kurang alkohol daripada peminum non-kopi.

Meningkatkan Stamina

Bukan pembicaraan baru jika kafein dalam kopi bisa meningkatkan semangat dan stamina tubuh. Oleh karena itu, kopi dijadikan sebagai minuman penambah stamina alami. Tak ada salahnya Anda mencoba secangkir kopi sebelum mengerjakan soal ujian atau seminar.

Kurangi Risiko Diabetes

Hal ini dimungkinkan karena terdapat asam klorogenat dan alkaloid yang dapat menurunkan penyerapan glukosa dalam tubuh.

Menurunkan Risiko Alzheimer, Demensia, dan Parkinson

Kopi membantu daya ingat dan daya pikir tetap fokus dan tajam. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa peminum kopi rata-rata 60% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit Alzheimer dan demensia. Sementara penelitian lain menunjukkan bahwa kopi juga bisa menurunkan risiko penyakit parkinson, seperti yang dialami Muhammad Ali, mantan pemimpin dunia.

Mencegah Kanker Kulit

Kopi juga bermanfaat untuk mencegah kanker kulit. Para wanita mengkonsumsi 3 cangkir kecil kopi sehari. Kenikmatan menyajikannya saat masih panas membuat kopi menjadi pilihan banyak warga untuk hang out hingga malam hari.

Khasiat Kopi Arabika Gayo

Adapun manfaat yang disarankan bagi konsumen kopi asli Gayo adalah sebagai berikut:

  • Membantu membakar lemak
  • Sumber antioksidan
  • Mencegah kantuk
  • Meningkatkan stamina
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Mencegah penuaan dini
  • Menghilangkan dan mengaburkan bintik hitam
  • Bagus untuk membersihkan wajah kusam
  • Mencegah jerawat
  • Perawatan atau campuran untuk scrub

Namun, aturan minum kopi juga harus dipatuhi. Misalnya tidak lebih dari 3 gelas sehari, padahal kondisi setiap orang berbeda-beda. Tidak ada salahnya Anda berkonsultasi ke dokter jika memiliki keluhan saat Anda minum kopi.

Filosofi Kopi Gayo 

1. Pertumbuhan di dataran tinggi menggambarkan bahwa harga diri harus tetap di atas segalanya.

Kondisi dataran tinggi Gayo yang dingin serta berada di atas perbukitan dan lereng gunung telah membawa keindahan tersendiri bagi siapa saja yang mengunjunginya. Sementara itu, dengan ketinggian 1200 m dpl, perkebunan kopi di dataran tinggi Gayo tumbuh subur di Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah dan sebagian kecil wilayah Gayo Lues. Begitu juga dengan kualitas kopi yang dihasilkan. Salah satu perbedaan mengapa kopi Gayo adalah kopi terbaik dan termahal di dunia adalah karena tumbuh di dataran yang cukup tinggi dari permukaan laut.

Begitu juga dengan harga diri kita sebagai manusia yang tidak akan pernah kita gadaikan dengan siapapun dan dengan cara apapun. Kita harus menempatkannya di tempat yang tinggi dan akan terus kita junjung tinggi. Karena kita telah menempatkannya di tempat yang paling tinggi, maka dengan bermartabat kita akan hidup. 

2. Cara memilah benih menggambarkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan.

Gemericik biji kopi yang digiling bisa terdengar di antara obrolan santai pria, wanita, dan tawa anak-anak. Mereka bersenang-senang bersama saat memilih biji-bijian yang sangat istimewa ini, biji kopi, remah kopi.

Hasil panen yang melimpah dikumpulkan dalam karung besar di gudang penyimpanan. Satu per satu kopi dalam karung dimasukkan ke dalam saringan yang digerakkan oleh mesin yang digerakkan oleh motor. Kisi-kisi motor telah memisahkan butiran yang tidak sempurna dari butiran.

Malah kontradiktif, karena ternyata kopi Aceh Gayo yang kita beli selama ini ternyata ada kadarnya. Biasanya sebagian besar masyarakat Indonesia mengkonsumsi kopi Gayo Aceh dari biji grade 3 yang merupakan campuran antara remah kopi dan biji yang telah ditolak. Namun kualitas biji ketiga saja sudah membuat cita rasa kopi Gayo Aceh berbeda, apalagi kualitas pertama/kualitas export tentunya sangat lengkap.

Demikian pembahasan mengenai manfaat Kopi Gayo, semoga artikel ini bermanfaat.