Kisah Dibalik Secangkir Kopi Luwak

Kisah Dibalik Secangkir Kopi Luwak - Minum kopi di pagi hari sepertinya sudah menjadi budaya yang melekat di masyarakat Indonesia. Tujuannya bervariasi, seperti membuat Anda terjaga dan membuat Anda lebih energik. Ada beberapa jenis kopi di dunia, ada kopi robusta, arabika dan luwak. Dari ketiganya, kopi luwak merupakan yang termahal di dunia dan jumlahnya sangat sedikit.

Kisah-Dibalik-Secangkir-Kopi-Luwak

Di mana Anda dapat menemukannya dengan harga murah? Yakin? Jika iya, Anda perlu membaca artikel ini sampai selesai. Ada banyak hal yang harus Anda ketahui tentang Kopi Luwak yang berasal dari Indonesia ini. Seperti riwayat, kandungan gizi dan lain-lain.

Sejarah Kopi Luwak

Siapa yang pertama mengira bahwa biji kopi yang dilumuri kotoran luwak alias musang bisa menghasilkan kopi yang sangat nikmat dan harga yang sangat mahal? Sepertinya tidak ada. Ditemukannya kopi luwak dengan cita rasa dan aroma serta harga yang fantastis sebenarnya bukan suatu kebetulan. 

Faktor utama dari tingginya harga adalah metode produksi yang tidak biasa. Ini dihasilkan dari biji kopi yang telah dicerna sebagian oleh luwak sawit Indonesia dan kemudian dikeluarkan. Lapisan luar biji kopi dihilangkan selama pemrosesan dan biji kopi yang tersisa dibersihkan secara menyeluruh sebelum dipanggang dan dikirimkan kepada Anda.

Baca Juga: Pernah Mencicipi Kopi Luwak? Berikut Perjalanan Singkat Dari Munculnya Kopi Luwak

Sejarah awalnya bersentuhan dengan zaman penjajahan Belanda yang dulu memaksa masyarakat Indonesia bekerja dengan upah yang sangat rendah. Salah satunya di perkebunan kopi. Bahkan kopinya pun berkualitas buruk. Karenanya terlalu miskin untuk membeli kopi, akhirnya masyarakat Indonesia yang bekerja di perkebunan berinisiatif mengambil biji kopi yang ada di dalam kotoran luwak atau luwak nipah ini. 

Mereka mengumpulkan kotoran luwak, membersihkannya kemudian mengolahnya dengan memasaknya di atas kompor. Kopi luwak ini menjadi kopi yang paling khas karena aromanya sangat harum. Penikmat kopi sangat suka dengan aroma kopi ini. Dalam waktu singkat, kopi ini tidak hanya dikenal di kalangan masyarakat Indonesia yang berprofesi sebagai petani, tetapi juga pemilik perkebunan.

Kopi Luwak Spesial

Kopi luwak ini berbeda dengan kopi biasa, kopi ini mengandung kadar kafein yang rendah. Hanya 0,5% saja. Jauh lebih sedikit dari kopi biasa yang bisa mencapai 2% atau lebih. Kandungan kafein yang sedikit ini menjadikannya kopi yang baik untuk kesehatan. Bahkan bisa dikonsumsi oleh penderita maag, diabetes dan jantung sekalipun.

Selain aman untuk penderita maag, diabetes dan penyakit jantung, manfaat lain dari kopi ini adalah dapat meningkatkan stamina tubuh. Kopi luwak ini sangat bagus untuk kesahatan, dan juga mampu merangsang pembuluh darah. Stimulasi ini membuat tubuh Anda lebih energik. Padahal, kopi luwak juga baik untuk kulit. Itu karena kandungan Vitamin E yang cukup besar.

Kandungan ini bisa didapatkan karena proses fermentasi sempurna yang terjadi di dalam perut luwak. Proses fermentasi melibatkan enzim tertentu yang membuat kadar kafein menurun. Jika dibandingkan dengan proses fermentasi manual, fermentasi dalam perut luwak setara dengan 5 sampai 8 tahun. Tentunya selain rasanya yang enak dan aromanya yang khas, ya. Secangkir kopi luwak, di luar negeri, harganya sekitar 80 dolar. Sedangkan di Indonesia, satu cangkir bisa mencapai Rp. 200.000,-. 

Sejarah kopi tidak bisa dilepaskan dari zaman penjajahan. Anda dapat mendengar gema sampai sekarang. Meski begitu, aksi kerja paksa yang dilakukan oleh penjajah Belanda ternyata sangat baik bagi Indonesia yaitu kopi luwak. Kopi termahal di dunia dengan kualitas tiada tara. Anda ingin mencoba? Pastikan yang asli ya. Rasa yang berbeda inilah yang membuat para pecinta kopi memburunya meski dibandrol dengan harga tinggi. Inilah beberapa kandungan kopi luwak, seperti:

  • Alkaloid
  • Asam Organik
  • Buah Asam
  • Kalium
  • Mineral
  • Magnesium
  • Besi
  • Asam Linoleat

Manfaat dan Khasiat Kopi Luwak untuk Kesehatan

Anda pasti ingin mengetahui informasi tentang apa saja kandungan yang ada di dalam kopi ini sehingga bisa dibilang sebagai minuman serbuk paling mahal dan tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Tidak hanya memiliki rasa yang sangat istimewa, kopi ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena ada beberapa kandungannya. Kandungan yang terkandung di dalamnya antara lain protein, antioksidan, kafein dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut diyakini memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh. Dibawah ini merupakan beberapa manfaat dan khasiat kopi luwak untuk kesehatan:

Melindungi Kulit

Tidak hanya manfaat vitamin E yang dapat melindungi kulit kopi, kopi juga memiliki manfaat yang sama dengan vitamin E yaitu mampu menjaga kesehatan kulit. Kopi luwak juga dapat menurunkan resiko kanker kulit jika anda mengkonsumsi minuman kopi ini anda dapat terhindar dari resiko stroke.

Mencegah Penyakit Saraf

Penyakit alzheimer merupakan penyakit yang menyerang otak serta kesulitan mengingat dan menurunkan daya konsentrasi. Penyebab penyakit ini adalah kerusakan sel-sel otak yang membuat otak tampak mengecil atau mengecil, masalah ini biasanya menyerang pasien usia lanjut. Kandungan kafein dalam minuman ini dapat mengurangi peradangan pada otak yang menyebabkan penyakit alzheimer. Dengan mengkonsumsi minuman ini, kita dapat mencegah timbulnya penyakit.

Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya, diabetes juga sering dikatakan sebagai penyakit yang sulit disembuhkan dan belum ada obatnya. Namun jangan salah, penyakit ini bisa dicegah sedini mungkin dengan mengkonsumsi kopi ini dan jangan lupa untuk menghindari penambahan gula berlebih.

Mencegah Penyakit Batu Empedu

Zat anti lengket pada kafein ini terkandung dalam kopi. Dengan mengkonsumsi kopi ini secara rutin dipercaya dapat mencegah penumpukan batu empedu.

Mencegah Kanker Payudara

Kopi ini merupakan kopi yang sangat baik bila dikonsumsi oleh wanita karena dapat mencegah timbulnya kanker payudara. Ini karena adanya antioksidan di dalamnya.

Mencegah Penyakit Parkinson

Kopi identik dengan kandungan kafein di dalamnya, kandungan ini mampu mencegah penyakit parkinson yang menyerang manusia. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang tinggi dalam kopi ini juga tinggi antioksidan sehingga dapat mencegah radikal bebas dan mencegah kerusakan sel saraf.

Meningkatkan Stamina

Manfaat kopi luwak juga dapat merangsang sistem pembuluh darah dan merangsang hormon adrenalin. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk membantu metabolisme tubuh dan membuat tubuh terasa lebih bertenaga.

Lindungi Gigi

Kandungan kafein dalam kopi luwak ini memiliki banyak manfaat selain memiliki manfaat yang saya tulis sebelumnya, kandungan kafein ini juga mampu memberikan perlindungan untuk gigi. Ini karena mengandung sifat anti bakteri dan anti lengket untuk mencegah gigi berlubang. Tidak hanya itu dengan mengkonsumsi minuman ini secara rutin dapat mencegah terjadinya kanker mulut.

Menyembuhkan Penyakit Lambung

Kandungan asam pada kopi luwak sangat rendah sehingga aman bagi penderita maag, serta dapat mengurangi asam lambung yang naik.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Kopi Luwak, semoga bermanfaat.