Tips Memilih Biji Kopi Mentah yang Baik

Tips Memilih Biji Kopi Mentah yang Baik - Kualitas biji kopi mentah sangat mempengaruhi rasa dan aroma minuman kopi yang dihasilkan. Oleh karena itu, Anda harus bisa memilih biji kopi mentah yang berkualitas baik. Kuncinya mau belajar. Karena pada intinya nilai kualitas biji kopi bisa diketahui sejak kondisinya masih mentah. Dengan mempelajari sifat dan karakteristik biji kopi yang baik, Anda dapat membedakan kualitas biji kopi tersebut.

Tips-Memilih-Biji-Kopi-Mentah-yang-Baik

Biji kopi diperoleh dari pengeringan buah kopi yang telah dikupas kulit arinya. Biji kopi ini sengaja dipilih untuk disortir berdasarkan kualitasnya. Biji kopi mentah yang berkualitas baik akan menghasilkan minuman kopi yang memiliki rasa dan aroma yang nikmat. Oleh karena itu, proses penyortiran ini sangat penting. Apalagi bagi Anda yang memiliki usaha kafe atau kedai kopi, kopi yang nikmat akan memuaskan pelanggan.

Cara Memilih Biji Kopi Mentah yang Baik

Kita harus bangga hidup di Indonesia yang kaya akan hasil alam. Kopi merupakan salah satu produk ekspor andalan bangsa kita. Mereka terkesima dengan beragamnya jenis kopi dengan rasa dan aroma yang berbeda-beda. Padahal, kita patut berbangga karena kopi luwak yang sangat mahal dan fenomenal ini merupakan produk asli tanah air. Mungkin Anda membeli kopi bubuk instan yang tidak perlu repot menyiapkannya. Tertarik untuk membeli kopi dalam bentuk biji?

Baca Juga: Cara Memilih dan Menyimpan Kopi Mentah Yang Tepat

Ada banyak keuntungan ketika Anda membeli biji kopi dan mengolahnya sendiri. Rasa kopinya masih terasa segar karena ampas kopinya langsung diseduh. Sedangkan kopi kemasan sudah melalui berbagai proses bukan? Anda juga bisa menambahkan berbagai rasa seperti cappuccino, mocca latte, dan lainnya. Anda juga tidak perlu berkecil hati jika tidak memiliki mesin pembuat kopi. Anda dapat menggiling kopi di berbagai penggiling kopi. Namun, dibutuhkan sedikit pengetahuan untuk bisa memilih biji kopi mentah. Pengetahuan jauh dari kata sulit, apalagi jika Anda adalah penggemar berat kopi Indonesia. 

Pertama-tama, Anda harus mencari referensi sebanyak mungkin kepada rekan atau kerabat Anda tentang penyedia biji kopi terbaik di daerah Anda. 

Kedua, aroma berperan penting dalam memilih biji kopi mentah. Ini tidak terlalu sulit untuk pemula. Pilih saja biji kopi terlebih dahulu dengan aroma yang sangat cocok dengan aroma kopi yang Anda minum setiap hari. Jika rasanya tidak sesuai dengan keinginan Anda, Anda bisa kembali mencoba kopi jenis lain. 

Ketiga, harga. Namun, memilih kopi sebenarnya berkaitan dengan selera pembeli. Setelah itu, belilah kopi dengan harga yang lebih murah dari sebelumnya. Nah, Anda akan bisa merasakan perbandingan rasa kopi yang sebenarnya. 

Keempat, kadar kafein. Banyak kesalahpahaman dimana banyak orang beranggapan bahwa kopi dengan warna paling hitam adalah kopi dengan kadar kafein paling tinggi. Anggapan ini salah, karena ternyata kopi yang memiliki warna paling terang adalah kopi dengan kandungan kafein paling tinggi. 

Kandungan klorogenat yang tinggi pada kopi mentah disebabkan biji kopi tidak melalui proses penyangraian. Kandungan asam klorogenat diketahui memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk mampu membakar lemak dengan cepat. Sebelum Anda mengonsumsi kopi mentah, sebaiknya ketahui dulu risiko dan manfaat kopi berikut ini.

Manfaat Kopi Mentah untuk Menurunkan Berat Badan

Beberapa orang yang pernah mengonsumsi kopi mentah mengaku telah merasakan manfaat dari biji kopi ini. 

Perbaiki Suasana Hati

Kandungan kafein dalam kopi mentah dapat meningkatkan suasana hati yang positif dan memiliki efek yang baik pada aktivitas otak. Kafein dapat meningkatkan waktu reaksi, membuat pikiran lebih fokus, dan juga membuat kita lebih waspada. 

Mengurangi Efek Radikal Bebas

Kopi mentah juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Hal ini karena kaya antioksidan asam klorogenat dalam biji kopi mentah mampu mencegah perkembangan empat jenis sel kanker, sehingga dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Antioksidan mampu menjaga kadar glukosa dalam aliran darah kita dan mencegah kerusakan sel kulit.

Meningkatkan Metabolisme

Asam klorogenat dalam kopi mentah juga dapat meningkatkan Tingkat Metabolisme Basal. Proses penambahan glukosa berlebih dari hati ke dalam darah kemudian membakar kelebihan lemak. Oleh karena itu, kopi mentah sangat baik sebagai penambah metabolisme tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu faktor mengapa penjualan kopi mentah meningkat, karena apa yang disebut sifat penurun berat badan. Dengan mengkonsumsi kopi mentah secara rutin, asam klorogenat akan membakar lemak dalam tubuh sehingga terjadi penurunan berat badan. Asam klorogenat yang ada dalam biji kopi dapat dicerna dan diserap oleh tubuh manusia.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kopi mentah juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol penyebab gangguan jantung hingga kardiovaskular. Kadar kolesterol dikendalikan oleh kopi mentah jika diminum secara teratur. 

Menurunkan Darah Tinggi

Bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, asam klorogenat yang terkandung dalam kopi mentah juga dapat menurunkan tekanan darah. 

Cara Menyimpan Biji Kopi Mentah yang Benar

Bagaimana cara menyimpan biji kopi mentah yang benar? Kami selalu menyarankan Anda untuk membeli biji kopi daripada bubuk kopi. Alasannya sederhana karena rasa dan aroma biji kopi memiliki daya simpan yang lebih lama. Biji kopi yang telah disangrai (roasted) dapat bertahan selama 3-4 minggu. Sedangkan biji kopi yang masih mentah bahkan bisa bertahan hingga 2 tahun.

Namun tidak hanya semua biji kopi yang memiliki daya tahan yang sangat lama. Semua itu harus didukung dengan metode penyimpanan. Biji kopi, baik mentah maupun panggang, harus disimpan dengan benar di tempat yang tepat. Kesalahan dalam menyimpan biji kopi juga menyebabkan warna biji kopi memudar sehingga biji kopi menjadi sarang kutu. Berikut tips menyimpan biji kopi hijau!

Simpan di Wadah yang Tepat

Biji kopi mentah paling baik disimpan dalam wadah tertutup yang memiliki sedikit lubang. Wadah tersebut kemudian diletakkan di salah satu sudut ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang lancar. Sebisa mungkin pastikan sinar matahari tidak mengenai wadah secara langsung. Hindari menyimpan biji kopi hijau di ruangan yang lembab.

Masukkan ke dalam Karung Goni

Pada zaman dahulu, orang menyimpan biji kopi dalam karung goni. Karung goni yang digunakan adalah karung baru, bukan karung bekas untuk beras, cengkeh, dan sebagainya. Rasa dan aroma biji kopi bisa tercemar jika menggunakan karung goni bekas.

Ruangan yang Bagus

Syarat terpenting ruangan yang baik untuk menyimpan biji kopi adalah tidak lembab. Ruangan yang terlalu kering juga bukan tempat yang baik untuk menyimpan biji kopi. Anda bisa mengukur tingkat kelembapan ruangan menggunakan hygrometer dan pastikan jumlahnya antara 50-75 persen. Sedangkan suhu udara yang ideal adalah sekitar 20-28 derajat Celcius.

Demikian pembahasan mengenai tips memilih Biji Kopi Mentah, semoga artikel ini bermanfaat.