Alat Pembuat Kopi Bubuk Manual untuk Penikmat Kopi Sejati

Alat Pembuat Kopi Bubuk Manual untuk Penikmat Kopi Sejati

Alat Pembuat Kopi Bubuk Manual untuk Penikmat Kopi Sejati - Kini, minum kopi bukan sekadar rutinitas sehari-hari. Lebih dari itu, menyeruput cairan pekat berkafein sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern. 

Alat-Pembuat-Kopi-Bubuk-Manual-untuk-Penikmat-Kopi-Sejati

Tidak hanya di kota-kota besar, kemunculan kedai kopi sudah merambah ke pelosok desa. Oleh karena itu, kami hadirkan beberapa mesin pembuat Kopi Bubuk espresso manual untuk penikmat kopi sejati beserta harga dan reviewnya. Namun sebelumnya kami akan berbagi ilmu tentang mesin pembuat kopi espresso dan cara merawatnya.

Mengenal Kopi Bubuk Espresso

Secara harfiah, Espresso juga dapat diartikan sebagai kopi cepat (express), karena disajikan dalam waktu yang relatif cepat. Espresso umumnya digunakan sebagai bahan dasar minuman berbahan dasar kopi. Menenggak satu cangkir espresso bisa membuat kita tetap terjaga sepanjang hari. Asupan kafein dalam cairan pekat ini dapat meningkatkan semangat dan konsentrasi.

Rasa espresso sangat dipengaruhi oleh jenis biji (biji kopi) yang digunakan. Espresso yang dibuat dengan kopi Arabica, memiliki rasa yang lebih ringan, lebih manis, lebih lembut, dengan body atau ketebalan sedang yang nyaman untuk dinikmati. Oleh karena itu, tidak jarang para pembuat kopi profesional memadukan kopi Arabica dan Robusta sebagai houseblend yang digunakan untuk membuat espresso.

Pahami Jenis-Jenis Minuman Berbahan Dasar Kopi Bubuk Espresso!

Selain itu membuat espresso dengan houseblend (Arabica dan Robusta) juga lebih murah, karena harga Arabica yang cukup mahal dapat dikurangi dengan menambahkan Robusta yang cenderung lebih murah.Houseblend yang menggunakan Arabica dan Robusta biasanya digunakan untuk membuat minuman kopi berbahan dasar espresso dengan harga terjangkau, misalnya minuman es kopi kekinian yang sedang sangat populer belakangan ini.

Rasa pahit dan pahit dari kopi Robusta tidak akan terlalu terasa karena ditutupi oleh kopi arabika yang dicampur dengan bahan baku lain seperti susu segar, krim kental manis, gula aren, atau bahkan bola tapioka (boba) yang cukup populer ini. 

Pilih Pembuat Espresso Manual

Membuat espresso identik dengan menggunakan mesin espresso yang canggih dan mahal. Bayangkan saja, untuk membeli mesin canggih yang biasa digunakan di kedai kopi, Anda harus merogoh kocek dalam-dalam. Satu mesin espresso berfitur standar bisa dibeli dengan harga puluhan juta rupiah.

Selain mahal, mesin espresso juga sangat boros listrik. Mesin espresso standar dengan single port filter dan steamer memiliki daya sekitar 1.500 – 3.000 watt. Tak heran, jika secangkir kopi di kedai kopi cukup mahal bukan?

Tapi jangan khawatir, Anda tetap bisa menikmati minuman kopi berbahan dasar espresso tanpa harus membeli mesin espresso yang mahal itu. Banyak pembuat espresso manual memiliki kualitas pembuatan bir yang mirip dengan mesin espresso profesional.

Saat ini terdapat berbagai jenis mesin pembuat espresso manual dengan berbagai fungsi yang berbeda-beda.Ada juga pembuat espresso manual tanpa listrik. Biasanya alat semacam ini menggunakan tenaga manusia. ROK Presso misalnya, untuk membuat espresso dengan Alat Kopi Manual  ini, Anda harus menekan dua tuas yang terhubung dengan plunger yang menempel pada chamber tempat air panas dituangkan. Di bawah chamber terdapat portafilter yang digunakan untuk meletakkan ampas kopi.

Beberapa produsen bahkan memproduksi alat pembuat espresso portable yang bisa dibawa kemana-mana. Jenis ini biasanya ditujukan bagi para pecinta kopi yang suka berpergian, berwisata, atau berpetualang ke berbagai tempat wisata. Tentunya dengan alat ini Anda tetap bisa menikmati espresso kapan saja dan dimana saja.

Cara Merawat Alat Kopi Manual

Agar Anda bisa menikmati espresso setiap hari, tentunya Anda diharuskan untuk merawat mesin pembuat espresso manual yang Anda miliki. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat mesin espresso manual Anda, seperti:

Bersihkan secara teratur. Agar mesin espresso manual Anda bertahan lebih lama, Anda harus membersihkannya secara rutin. Stik kopi bekas biasanya akan menimbulkan aroma yang tidak sedap jika tidak dibersihkan. Jangan mencuci Alat Kopi Manual dengan sabun. Karena busa pada sabun biasanya bersifat korosif yang akan menimbulkan karat pada pembuat espresso.

Simpan di tempat yang kering dan tidak lembab. Tempat yang lembab biasanya akan membuat alat Anda berjamur, yang akan mempengaruhi rasa dari espresso yang dihasilkan.Rendam pembuat espresso manual dalam air hangat.  Jangan menuangkan air panas lebih dari 95 derajat. Menuangkan air panas yang lebih dari 95 derajat, dapat membuat bahan karet dan silikon mengembang bahkan retak dan pecah.

Alat Kopi Manual Espresso untuk Penikmat Kopi Sejati

Setelah Anda mengetahui tentang mesin pembuat espresso manual dan cara merawatnya, maka izinkan kami untuk merekomendasikan mesin pembuat kopi espresso manual berikut ini untuk penikmat kopi sejati:

ROK Presso GC

Pada seri sebelumnya, ROK Presso menggunakan material berbahan aluminium solid dengan bagian silinder dan plunger terbuat dari plastik transparan tebal. Pada ROK Presso GC, material silinder dan plunger diganti dengan material komposit kaca yang lebih tahan banting.

Penggunaan material komposit kaca tampaknya memberikan pengaruh yang signifikan terutama pada daya yang dihasilkan dalam memberikan tekanan pada proses ekstraksi kopi. Sebelumnya, Anda harus menambahkan booster ke plunger ROK Presso untuk mengurangi gaya yang diberikan saat Anda menekan lengan plunger untuk mengekstrak espresso.

Flair Espresso Maker

Flair dilengkapi dengan koper kecil yang ringkas, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Berbeda dengan ROK Presso yang menggunakan dua tuas, mesin espresso non elektrik ini hanya menggunakan satu tuas untuk menghasilkan tekanan maksimal saat mengekstrak kopi.

Flair juga dilengkapi dengan brew head unit yang terdiri dari portafilter, piston, shower screen, gelas ukur, dan aluminium tamper. Alat Kopi Manual ini dibuat dengan menggunakan material aluminium padat yang ringan, yang hanya memiliki berat 1,9 Kg.

Aeropress

Aeropress populer di kalangan pembuat kopi. Alat Kopi Manual yang dibuat oleh Alan Adler, seorang ilmuwan dari Stanford University, Amerika Serikat ini bahkan telah digunakan oleh barista profesional. Meski termasuk dalam coffee brewer untuk metode manual brewing, Aeropress juga bisa digunakan untuk membuat espresso. Jika dilihat dari desainnya, Aeropress terbilang sederhana karena hanya berbentuk tabung plastik dengan tuas plunger vertikal.

Wacaco Minipresso GR

Wacaco Minipresso GR merupakan mesin espresso portable yang tidak membutuhkan listrik saat digunakan. Bentuknya yang mini dan beratnya hanya sekitar 360 gram, membuat alat ini mudah dibawa kemana-mana.

Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu meletakkan ampas kopi di ruangan yang tersedia. Karena ukurannya yang mini, Alat Kopi Manual ini hanya bisa digunakan untuk membuat single shot espresso dengan bubuk kopi seberat 7 sampai 10 gram.

Demikian pembahasan mengenai alat kopi manual kopi bubuk, semoga artikel ini bermanfaat.