Alat Pembuat Kopi yang Dibutuhkan Kedai Kopi Sederhana

Alat Pembuat Kopi yang Dibutuhkan Kedai Kopi Sederhana

Alat Pembuat Kopi yang Dibutuhkan Kedai Kopi Sederhana - Hal yang harus Anda lakukan ketika ingin membuka kedai kopi adalah menentukan konsep kedai kopi itu sendiri. Karena konsep inilah yang akan menjadi dasar ketika Anda akan membeli alat pembuat kopi nantinya. Jika Anda akan membuka kedai kopi, sudah pasti produk utama yang akan Anda jual adalah minuman kopi yang rasanya nikmat.

Alat-Pembuat-Kopi-yang-Dibutuhkan-Kedai-Kopi-Sederhana

Dan untuk membuat minuman kopi, ada beberapa cara yang sering digunakan di kedai kopi. Ada cara manual brew yang sedang populer saat ini. Ada juga cara semi otomatis, biasanya cara ini menggunakan mesin espresso yang harganya bervariasi. Anda dapat menggunakan salah satu metode di kedai kopi tersebut. Setelah Anda memutuskan metode mana yang akan digunakan untuk kedai kopi Anda, selanjutnya Anda dapat mengetahui alat apa yang cocok untuk kedai kopi Anda. 

Alat Pembuat Kopi yang Direkomendasikan untuk Kedai Kopi Sederhana

Ada beberapa rekomendasi alat pembuat kopi yang wajib kamu miliki saat membuka kedai kopi, apa saja sih itu? Berikut adalah beberapa alatnya.

Grinder

Grinder adalah mesin penggiling kopi. Grinder merupakan alat pembuat kopi yang wajib Anda miliki saat pertama kali ingin membuka kedai kopi. Mengapa penggiling? Bisakah kita membeli kopi dalam bentuk bubuk? Jadi Anda tidak membutuhkan penggiling biji kopi lagi? Oke mungkin beberapa pertanyaan seperti itu akan muncul. 

Tapi percayalah, untuk membuat secangkir kopi yang enak dibutuhkan biji kopi segar. Kini kita bisa mendapatkan biji kopi segar dengan cara menggiling biji kopi tersebut saat ingin diseduh. Apalagi kita berbicara tentang kebutuhan kopi untuk coffee shop yang pastinya membutuhkan ampas kopi dalam jumlah banyak, jika stock kopi dalam bentuk bubuk, dikhawatirkan kopi tidak akan segar saat diseduh. 

Namun jika kita menyimpan kopi dalam bentuk biji dan hanya menggilingnya menjadi bubuk saat diseduh, maka kita masih bisa mendapatkan kesegaran kopi tersebut. Yang terpenting, sesuaikan stok kopi Anda dengan kebutuhan kedai kopi.

Oleh karena itu, Grinder merupakan alat wajib pertama yang harus kamu miliki. Anda bisa menyesuaikan budget coffee shop untuk membelinya. Ada beberapa pilihan Grinder yang terjangkau namun berkualitas yang bisa kamu beli. Kedua gerinda tersebut semi otomatis dan tentunya menggunakan listrik untuk pengoperasiannya.

Espresso Maker

Anda dapat menggunakan moka pot sebagai pengganti mesin espresso yang sangat mahal untuk membuat espresso. Selain moka pot, Anda juga bisa menggunakan aeropress, namun kopi yang dihasilkan Aeropress tidak akan setebal moka pot. Jika ada anggaran berlebih, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli alat kompor itu.

Kettle atau Teko

Jika Anda pandai menggunakan metode manual brew di kedai kopi Anda, maka teko atau teko gooseneck harus dimiliki. Mengapa harus ketel dengan bentuk leher angsa? karena dengan ujung yang tajam dan panjang seperti bentuk leher angsa, akan mudah digunakan saat menuang metode pour over.

French Press

Dengan french press, Anda bisa membuat kopi tanpa ampas. Yap, French Press adalah salah satu cara menyeduh kopi manual yang banyak peminatnya. Alasannya cukup sederhana,metode French Press ini menghasilkan rasa yang nikmat. Bukan hanya rasanya yang nikmat tetapi aromanya juga enak. 

Banyak sekali orang diluar sana yang menyukai kopi dengan metode ini. Apalagi harga french press bervariasi ada yang murah dan ada juga yang mahal. Anda bisa memiliki french press hanya dengan membayar 190 ribu. Jika punya budget lebih, tak ada salahnya membeli french press ini.

Vietnam Drip

Tetes Vietnam juga merupakan salah satu alat pembuat kopi manual favorit kami. Biasanya saat menyeduh kopivietnam drip, orang sering menambahkannya dengan susu kental manis agar rasanya lebih nikmat. Ya, Vietnam drip bisa menjadi menu alternatif di kedai kopi Anda. Cara membuatnyasangat mudah, anda hanya perlu memasukkan ampas kopi ke dalam dripper. 

Lalu letakkan di cangkir kopi anda, kopi pun siap untuk di nikmati. Setelah itu seduh drippernya yang sudah berisi bubuk kopi dengan segelas air panas. Dan Anda juga dapat menyajikan kopi tetes Vietnam untuk pelanggan kedai kopi Anda. Soal harga, Vietnam drip juga tidak terlalu mahal, kamu bisa menemukannya di toko online atau di pasar tradisional juga, harganya sekitar 100 ribu - 250 ribu, tergantung merknya.

Nah, dengan memiliki beberapa alat di atas, maka Anda sudah bisa memiliki kedai kopi sederhana yang nantinya siap Anda buka. Jumlah alat pembuat kopi tersebut nantinya bisa Anda sesuaikan dengan jumlah pengunjung yang datang ke kedai kopi Anda. Selain alat pembuat kopi, disini kita juga akan membahas beberapa fungsi dari Kopi Bubuk.

Fungsi Kopi Bubuk untuk Membersihkan Rumah

Membersihkan Debu di Rumah

Jika Anda suka minum kopi hitam, jangan dibuang dulu ampasnya karena itu masih bisa digunakan. Manfaatkan ampas kopi yang kering untuk membersihkan rumah yang penuh dengan debu. Caranya mudah, taburkan bubuk kopi di sudut-sudut rumah yang ada debunya. Debu tidak akan mudah terbang ketika menggunakan ampas kopi bubuk sehingga lantai lebih mudah untuk disapu.

Menghilangkan Bau Tak Sedap di Lemari Es

Kulkas atau lemari es sering menimbulkan bau tidak sedap akibat makanan yang tercampur. Untuk mengatasinya, Anda bisa memasukkan ampas kopi ke dalam wadah yang sudah disediakan.

Mencegah Jamur dan Menghilangkan Debu pada Furnitur Kayu

Furnitur berbahan kayu cenderung sensitif. Untuk menetralisir bau tak sedap dan mencegah tumbuhnya jamur, taburkan kopi dan nasi kering pada furnitur Anda. Biarkan selama seminggu sampai baunya hilang.

Penyegar Udara Alami

Selain rasanya yang nikmat, kopi juga terkenal dengan aromanya yang enak. Daripada menggunakan pengharum ruangan yang mengandung bahan kimia, coba gunakan kopi sebagai pengharum ruangan alami. Cara sederhananya yaitu ditaruh di piring kecil, kemudian letakkan di meja kamar tidur. Tunggu beberapa menit sampai aromanya menyebar di kamar Anda.

Manfaat Kopi Bubuk untuk Kesehatan

Kopi bubuk bisa digunakan sesuai selera setiap orang yang ingin meminumnya. Bagi yang menginginkan rasa kopi yang lebih kuat, Anda bisa menggunakan lebih banyak bubuk kopi. Rasa kopi akan lebih ringan jika penggunaan ampas kopi tidak terlalu banyak namun tetap bisa terasa nikmat. Sejumlah manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari mengonsumsi kopi, antara lain:

  • Kopi dapat digunakan untuk mengatasi rasa lelah, dimana energi akan diperoleh kembali saat meminum kopi. 
  • Dapat menunda kelelahan otot, sehingga kopi bubuk ini dapat meningkatkan kinerja atletik dan daya tahan.
  • Kopi bubuk dapat melindungi kerusakan jaringan dari radikal bebas
  • Ini dapat mengangkat suasana hati Anda dan meredakan sakit kepala.
  • Kopi juga dapat membantu meningkatkan kinerja kekebalan tubuh ketika Anda banyak melakukan aktivitas fisik.
  • Kafein dalam kopi dapat melebarkan saluran bronkial, yang dapat memberikan bantuan jangka pendek untuk penderita asma.
  • Kopi juga mengandung senyawa yang dikenal sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi Anda dari beberapa penyakit paling umum.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang alat pembuat kopi, semoga bermanfaat.