Kopi Kiloan Bubuk Asli Indonesia yang Patut Dicoba

Kopi Kiloan Bubuk Asli Indonesia yang Patut Dicoba

Kopi Kiloan Bubuk Asli Indonesia yang Patut Dicoba - Bagi masyarakat Indonesia, kopi menjadi suguhan wajib saat ada acara. Baik itu saat berkunjung atau menerima tamu, sedang berpatroli, atau nongkrong di malam hari. Tak heran jika kopi merupakan salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia khususnya yang tidak dapat dipisahkan dalam aktivitas kesehariannya.  Berikut ini adalah informasi mengenai Kopi Kiloan bubuk asli Indonesia yang harus Anda coba.
Kopi-Kiloan-Bubuk-Asli-Indonesia-yang-Patut-Dicoba

Kopi Robusta Kiloan

Kedua jenis biji kopi tersebut adalah robusta dan arabika.

Kopi Robusta Jawa Kiloan

Kopi robusta kiloan ini kami jual dengan harga Rp. 19.250/200gr, murah tentunya tapi kopi ini berkarakter jawa. Ini adalah salah satu produk terbaik dari Jual Kopi Robusta Kiloan Murah.

Apa ciri khas kopi robusta kiloan java ini? Berikut informasi catatan rasa kopi Robusta Jawa kiloan.
  • Tingkat kelembutan: tidak begitu lembut (1/5)
  • Tingkat keasaman: sangat ringan (0/5)
  • Tubuh: berat (4/5)
  • aroma moka

Kopi Bubuk Petit La Java

Masih dari kopi kiloan dengan karakter Jawa yaitu Petit La Java Powder Coffee. Apa ciri khas kopi kiloan petit la java? Berikut informasi catatan rasa kopi Robusta Jawa kiloan.
  • Tingkat kelembutan: sama dengan kopi Java Robusta yang tidak begitu lembut
  • Tingkat keasaman: sangat rendah (0/5)
  • Tubuh: sedang (3/5)
  • aroma moka
  • Coklat hitam
Cara penyajian yang disarankan:
  • Tubruk
  • Mokapot
  • Blende Cofee

Kopi Bubuk Tiam/Vietnam Drip 

Jadi, bagi yang penasaran dengan kopi tradisional ala Kopitiam, wajib mencoba Tiam/Vietnam Drip Coffee Powder. 
  • Kiloan Tiam/Karakter Kopi Tetes Vietnam:
  • Tingkat kelembutan: tidak begitu lembut (1/5)
  • Tingkat keasaman: sangat rendah (0/5)
  • Tubuh: berat (5/5)
  • Bermentega
  • Coklat hitam
Cara penyajian yang disarankan:
  • Tubruk 
  • Vietnam Drip

Kopi Robusta Flores Kiloan

Masih dari kopi bubuk dengan karakter Jawa yaitu Kopi Robusta Flores Bubuk.Karakter Kopi Robusta Kiloan Flores:
  • Tingkat kelembutan: tidak begitu lembut
  • Tingkat keasaman: sangat rendah (0/5)
  • Tubuh: sedang (3/5)
  • sereal
  • Pedas
  • Gandum
Cara penyajian yang disarankan:
  • Tubruk
  • Blende Coffee

Kopi Kiloan

Saat kita berkeliling Indonesia, selalu ada racikan kopi Indonesia yang berbeda di setiap daerah. Tubuh kopi dipengaruhi oleh pemanggangan kopi. Di balik secangkir kopi nikmat terdapat kerja keras para petani kopi dan mitranya, termasuk para master roaster yang memilih biji kopi terbaik. Semua langkah itu penting dan harus dilakukan dengan benar.

Kopi sangrai sedang dan tebal akan memiliki tubuh yang lebih berat daripada kopi sangrai ringan. Kopi untuk menemani obrolan bersama teman, kopi selalu menjadi penghias obrolan. Mulai dari memetik, mengupas, hingga mengeringkan biji kopi. 

Kopi sudah menjadi gaya hidup, munculnya berbagai macam kedai kopi membuat masyarakat semakin tertarik dan 'melek' tentang kopi. Biji kopi yang berkualitas buruk tentu saja akan menghasilkan kopi yang rasanya kurang enak.

Kopi Bubuk Asli Indonesia Enak yang Patut Dicoba

Indonesia memang kaya akan berbagai jenis kopi. Selain dalam bentuk biji kopi, kopi yang sudah dihaluskan atau dalam bentuk bubuk juga tetap nikmat. BP-Guide berikut memberikan berbagai rekomendasi kopi bubuk enak asli Indonesia dan mudah didapat.

Kopi Asli Indonesia dengan Rasa yang Menggiurkan

Indonesia juga dikenal sebagai produsen dan eksportir kopi terbesar keempat di dunia. Kopi Indonesia memiliki cita rasa yang berbeda. 

Semuanya memiliki ciri dan karakter yang pastinya enak. Kopi yang dikelola dengan baik, profesional, dan berteknologi tinggi akan menghasilkan rasa yang jauh lebih nikmat. Apalagi jika dibuat oleh tangan-tangan terampil para barista.

Kopi merupakan salah satu kekayaan Indonesia setelah rempah-rempah. Tanah yang subur dan terletak di iklim tropis menjadikan Indonesia surga bagi tanaman ini. Sebagai orang Indonesia dan pecinta kopi, tentunya Anda harus tahu kopi mana yang paling enak di Indonesia.

Sejarah Perkebunan Kopi di Indonesia

Ada sejarah panjang kedatangan kopi ke Indonesia. Adalah pemerintah Hindia Belanda yang membawa kopi ke Indonesia, pada awal 1696. Dari berbagai sumber, kopi konon masuk melalui Jatinegara, hingga akhirnya masuk ke Jawa Barat. Dari perjalanan ini, benih kopi akhirnya dibawa ke berbagai tempat di Indonesia. Setelah itu, dari Sumatera hingga Papua, Anda akan menemukan kopi. 

Indonesia adalah Penghasil Kopi Terbesar ke-4 di Dunia

Awalnya kopi yang dibawa ke Indonesia adalah kopi liberica, namun kopi jenis ini sering gagal karena rentan terhadap berbagai penyakit. Kemudian jenis kopinya berubah menjadi Arabica dan Robusta. Kedua jenis kopi ini cukup kuat terhadap hama. Jumlah ini hanya kalah dari Brasil, Vietnam, dan Kolombia dengan produksi kopi rata-rata mencapai 8 persen dari kopi dunia.

Mengingat produksi kopi Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya, tidak menutup kemungkinan ke depan Indonesia akan menjadi eksportir utama kopi ke seluruh dunia. Sebab, setiap tahun ada peningkatan, termasuk untuk tahun ini. 

Cara Menyeduh Kopi Bubuk yang Lezat

Untuk membuat kopi seduh yang nikmat, panaskan air hingga mendidih terlebih dahulu. Kemudian, biarkan selama sekitar 2 menit. Dengan demikian, suhu air akan turun hingga 90 derajat Celcius. Saat itu, airnya pas untuk membuat secangkir kopi.

Untuk membuat kopi lebih cocok, siapkan sekitar 13-14 gram kopi atau sekitar 2 sendok makan untuk membuat satu cangkir kopi dengan 200 ml air. Setelah dibuat, diamkan selama 4 menit, lalu sajikan. Nah, kopi yang diseduh dengan kuat siap untuk diseruput. Mengapa Anda harus menyeduh kopi yang Anda buat dan nikmati? Jawabannya, karena kopi yang diseduh akan menampilkan karakter kopi yang sebenarnya.

Pilihan Kopi Bubuk Kiloan Unggulan Indonesia

Kopi Robusta Sidikalang

Kita mulai dengan kopi yang tumbuh di pulau sumatera. Kopi yang harus Anda coba adalah kopi Robusta Sidikalang. Ini adalah salah satu kopi terkenal yang berasal dari Sumatera tepatnya dari daerah Sidikalang. Perlu dicatat, kopi ini telah mendominasi pasar dunia. Rasa kopi Sidikalang tidak perlu diragukan lagi. Jenis kopi robusta ini memiliki rasa yang mirip dengan coklat dengan aroma khas dan rasa manis yang cukup menggoda. 

Kopi Robusta Lampung

Kopi berikutnya datang dari Lampung. Kopi Lampung sudah dikenal hingga tingkat internasional. Sama seperti Sidikalang, kopi yang dihasilkan Lampung adalah kopi robusta dengan cita rasa tinggi.

Kopi Robusta Manggarai

Kopi ini memiliki cita rasa yang unik karena kondisi geografis NTT. Kopi ini mendapat predikat tersebut setelah diteliti oleh Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao yang berlokasi di Jember. Kopi yang sering disebut Kopi Flores ini merupakan jenis robusta yang memiliki rasa asam dengan sensasi rasa lemon yang nikmat.

Demikian pembahasan mengenai Kopi Kiloan bubuk asli Indonesia yang harus Anda coba, semoga artikel ini bermanfaat.