Manfaat dan Jenis Alat Kopi yang Digunakan Barista

Manfaat dan Jenis Alat Kopi yang Digunakan Barista

Manfaat dan Jenis Alat Kopi yang Digunakan Barista - Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi paling berkualitas di dunia. Kami memiliki Kopi Luwak yang cita rasa dan keunikannya telah diakui oleh masyarakat dan pecinta kopi di seluruh dunia. Maka wajar jika masyarakat Indonesia sendiri antusias dengan gaya hidup minum kopi yang autentik dan lebih mementingkan rasa daripada hanya mengandalkan kepraktisan. 

Manfaat-dan-Jenis-Alat-Kopi-yang-Digunakan-Barista

Semakin banyak kedai kopi modern yang menawarkan minuman kopi dengan teknik brewing yang memiliki effort lebih dari sekedar menyajikan Kopi Bubuk instan. Semakin banyak penggemar kopi autentik yang mulai terbiasa meminum kopi seduh daripada kopi instan. Apakah Anda penggemar kopi asli? Berikut beberapa jenis Alat Kopi yang digunakan untuk membuat kopi yang banyak digunakan di kedai kopi oleh barista.

Alat Kopi Hario V60 Kopi

Hario adalah pembuat kopi asal Jepang yang namanya melejit setelah menciptakan mesin brewing dengan sudut 60 derajat, makanya diberi nama Hario V60. Cara menggunakan Alat Kopi ini adalah dengan menuang ampas kopi pada saringan yang telah dipanaskan lalu tuang air sampai semua ampas kopi basah lalu hentikan dan tunggu 10 sampai 15 detik untuk proses blooming atau mengeluarkan karbondioksida. 

Setelah muncul gelombang pada ampas kopi, lanjutkan dengan menuangkan air panas hingga habis dengan gerakan memutar. Rasio antara bubuk kopi dan air harus 20 gram: 300 ml dengan kehalusan bubuk kopi sedang-halus.

Alat Kopi Kalita Wave 

Alat Kopi ini memiliki bentuk yang mirip dengan Hario V60, hanya Kalita Wave yang berbentuk labu. Selain itu, jika melihat pada bagian drip, alat pembuat kopi ini menggunakan gaya flat drip dengan tiga lubang datar. Cara pemakaiannya sama dengan Hario V60 termasuk proses bloomingnya juga. Setelah airnya dituang, tunggu 2 sampai 3 menit agar kopinya benar-benar matang dan baru bisa dinikmati. Rasio air dengan ampas kopi menggunakan Kalita Wave juga sama dengan Hario V60.

Alat Kopi French Press 

French Press merupakan alat pembuat kopi yang sangat mudah digunakan sehingga banyak digunakan untuk rumah tangga. Alat Kopi ini juga bisa menjadi starter bagi pecinta kopi atau calon barista yang ingin belajar membuat kopi secara manual tanpa menggunakan mesin. 

Cara menggunakannya adalah dengan memasukkan biji kopi yang ditumbuk kasar ke dalam alat yang sudah dipanaskan sebelumnya selama 2-3 menit. Kemudian tuangkan air ke dalam bubuk kopi dan aduk. Tutup alat menggunakan kepalanya dan biarkan kopi terendam selama sekitar 4 menit sebelum filter ditekan.

Alat Kopi AeroPress

Alat ini mudah digunakan dan lebih fleksibel untuk dibawa kemana-mana. Jadi saat berpergian, Anda tetap bisa menikmati kopi favorit di mana saja dan kapan saja. Langkah selanjutnya adalah memasukkan biji kopi yang sudah digiling dengan tingkat sedang ke dalam wadah brewing. Kemudian aduk dan seduh selama yang Anda suka sesuai selera. 

Alat Kopi Chemex

Chemex memiliki bentuk yang mirip dengan wine decanter yang desainnya seperti jam pasir dengan bagian tengah yang sempit untuk proses meneteskan kopi yang dibuat. Chemex dirancang untuk membuat hingga 8 cangkir kopi sekaligus sehingga Anda dapat menggunakannya saat ingin menjamu tamu dengan kopi berkualitas tinggi. 

Cara menggunakannya hampir sama dengan Alat Kopi manual lainnya yaitu dengan cara menempatkan filter pada bloomer kemudian memasukkan biji kopi yang sudah digiling ke tingkat sedang. Tuangkan air panas untuk membasahi bubuk kopi kemudian tunggu 10 detik sebelum menuangkan semua air dengan teknik seduh yang Anda suka. Karena hasil kopi lebih banyak, lebih baik menunggu kopi diseduh beberapa menit lebih lama daripada porsi pribadi.

Alat Kopi Vietnam Drip 

Vietnam Drip adalah cara Vietnam menikmati kopi tradisional mereka. Cara membuat kopi menggunakan alat ini adalah dengan menambahkan susu kental manis di sekitar cangkir, lalu letakkan alat Vietnami Drip di atas cangkir. Dengan menggunakan alat yang sudah dipanaskan, masukkan biji kopi yang telah ditumbuk halus ke dalam chamber kemudian tuangkan air dan tutup dengan penutup. 

Manfaat Kopi Bubuk. Bisa Untuk Apa?

Apakah Anda memiliki stok ampas kopi di rumah? Umumnya ampas kopi hanya digunakan untuk diseduh menjadi minuman kopi. Namun tahukah Anda bahwa masih banyak manfaat lain dari minuman bedak ini. Apa saja manfaat ampas kopi yang bisa Anda dapatkan? Yuk simak selengkapnya di artikel ini. Siapkan ampas kopi, tapi jangan terburu-buru menyeduh air panas terlebih dahulu.

Manfaat Bubuk Kopi untuk Kecantikan

Buat kamu yang ingin menjaga kecantikan kulit dan tubuh, wajib banget mulai sekarang punya stok ampas kopi di rumah. Bedak hitam ini bisa menjadi alternatif perawatan alami untuk kecantikan ujung tubuh Anda dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Pewarna Rambut Alami

Ingin punya rambut tapi masih ragu dengan kandungan kimia dalam pewarna rambut sintetis? Nah, ampas kopi bisa menjadi pilihan Anda. Iya betul, bagi kamu yang ingin menambahkan sedikit warna coklat alami pada rambut kamu, kamu bisa mencoba menggunakan campuran bubuk kopi.

Ini juga mudah. Cukup seduh bubuk kopi hitam, campur dengan kondisioner, oleskan pada rambut secara merata. Selanjutnya, ikat rambut Anda seperti sanggul dan gunakan topi mandi. Tunggu saja 30 menit hingga 2 jam, lalu bilas rambut Anda hingga bersih. Warna rambut baru akan terlihat.

Pengelupasan Kulit

Pengelupasan kulit adalah proses meneliti sel-sel kulit mati di permukaan kulit tubuh. Pengelupasan ini sangat berguna untuk menjaga kulit kita agar tidak terlihat kusam. Dan ternyata ampas kopi juga mampu membantu dalam proses berkembangnya sel-sel kulit mati tersebut.

Nah, itu mudah. Anda tinggal mencampurkan ampas kopi dengan air jeruk lemon, gosokkan ke seluruh tubuh hingga merata, diamkan hingga kering dan bersih. Memang hasilnya tidak instan seperti perawatan di salon-salon mahal, namun jika dilakukan secara rutin, efeknya juga bisa terlihat.

Membantu Menghilangkan Selulit

Ampas kopi juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan selulit. Kandungan kafein di dalamnya diduga menjadi kunci untuk memperbesar pembuluh darah di bawah kulit. Selain itu, kafein juga membantu meningkatkan aliran darah secara keseluruhan. Kopi juga kaya akan antioksidan, yang dianggap membantu mempromosikan warna kulit yang lebih sehat secara keseluruhan.

Caranya campurkan bubuk kopi dengan sedikit air panas hingga mengental, tambahkan minyak zaitun, lalu gunakan secara merata pada kulit yang selulit. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun dapat mengencangkan kulit dan membentuk kolagen.

Membersihkan Sel Kulit Mati di Kaki

Jika Anda ingin memiliki kaki yang mulus, bubuk kopi bisa menjadi pilihan yang tepat. Ampas kopi sangat efektif membersihkan kaki dan melembapkan kulit pada telapak kaki yang sering pecah-pecah. Cukup rendam kaki Anda dengan larutan air hangat dan kopi dalam baskom, maka Anda bisa merasakan manfaatnya sendiri jika melakukannya secara rutin.

Demikian pembahasan mengenai manfaat Kopi Bubuk dan jenis Alat Kopi, semoga artikel ini bermanfaat.