Mengolah Biji Kopi Menjadi Bubuk Kopi

Mengolah Biji Kopi Menjadi Bubuk Kopi

Mengolah Biji Kopi Menjadi Bubuk Kopi - Kopi merupakan minuman yang disukai banyak orang. Popularitas kopi telah menjadi sesuatu yang sangat membumi dalam beberapa tahun terakhir. Banyaknya kedai kopi di berbagai pelosok menjadi salah satu bukti betapa minuman ini memiliki daya pikat yang luar biasa. Ampas kopi yang sudah bisa disajikan dalam gelas banyak orang ternyata sudah melalui tahapan yang sangat panjang. 

Mengolah-Biji-Kopi-Menjadi-Bubuk-Kopi

Sebagai penghasil kopi, Biji Kopi Indonesia dikenal memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Tak heran jika biji kopi Indonesia menjadi komoditas ekspor ke beberapa negara. Hampir setiap provinsi di Indonesia memiliki keunikan tersendiri dalam mencicipi kopinya, dan biji kopi yang tersedia juga memiliki keunikan dan kualitasnya masing-masing.

Baca Juga: Perjalanan Biji Kopi: Dari Pohon Hingga Segelas Kopi

Bagi Anda pecinta kopi, atau Anda yang sedang berpikir untuk menjalankan bisnis kedai kopi atau mencoba menjadi produsen bubuk kopi, tahukah Anda bagaimana cara mengolah biji kopi agar siap untuk dikonsumsi? Prosesnya sepertinya cukup lama. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang pengolahan biji kopi kering. 

Jenis Buah Kopi

Tahap pertama yang harus dilalui adalah penyortiran buah kopi yang sudah didapat dari hasil panen. Warna pada buah kopi juga termasuk dalam sortasi, pisahkan buah merah dan buah hijau. Sortasi yang dilakukan sangat mempengaruhi kualitas biji kopi yang akan dihasilkan.

Pengeringan

Hal ini berbeda dengan metode basah yang terlebih dahulu mengupas biji kopi sebelum dikeringkan. Pengeringan atau penjemuran perlu diperhatikan agar mendapatkan biji kopi kering yang diinginkan.

Mengupas Kulit Buah

Setelah kering sampai tingkat yang diinginkan, masuk ke tahap mengupas kulit buah. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan mesin atau dengan cara ditumbuk untuk memisahkan kulit buah dari bijinya. 

Pilihan Biji Kopi

Di awal anda sudah melakukan sortasi, pada tahap ini anda juga perlu melakukan sortasi karena tidak semua biji kopi yang sudah di kupas dari kulitnya menghasilkan biji kopi yang baik. Oleh karena itu, dalam proses ini Anda perlu mengurutkan ulang.

Kemasan

Ini bisa dikatakan sebagai tahap akhir dari pengolahan buah menjadi biji kopi. Ini sederhana, bukan? Pastikan pada tahap ini Anda menggunakan kemasan kopi yang baik agar produk Anda tetap aman dan terjamin setelah diproses dengan sangat baik. Ada banyak penggiling kopi sederhana yang dijual di pasaran agar konsumen dapat merasakan pengalaman menikmati kopi versi mereka.

Manfaat Kopi untuk Tubuh

Jika dibiarkan, tentunya daya kreatifnya juga akan berkurang. Tapi itu bukan sekedar saran, ternyata banyak penelitian yang membuktikan bahwa banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan saat mengonsumsi kopi dengan takaran yang tepat. Oleh karena itu, wajar jika hampir sebagian besar masyarakat dunia suka mengkonsumsi kopi. Jenis kopinya sangat beragam, salah satu jenis kopi dari Indonesia yang kualitasnya sudah diakui dunia adalah kopi luwak. 

Menurunkan Berat Badan

Jangan sedih jika Anda memiliki bentuk tubuh yang sedikit chubby, karena ada berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Salah satunya dengan meminum kopi secara teratur dan dengan takaran yang tepat. 

Dapat Mencegah Diabetes

Umumnya penyakit ini bisa terjadi karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Diabetes bisa terjadi karena hormon insulin yang terkandung dalam tubuh berkurang. Sehingga tidak dapat mengikat dan mengatur kadar gula dalam darah, dengan mengkonsumsi kopi secara teratur dan dalam dosis yang tepat dapat efektif dalam mencegah penyakit diabetes. Namun juga harus diimbangi dengan olahraga teratur dan menjaga pola makan.

Meningkatkan Metabolisme Dalam Tubuh

Semua jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam takaran yang tepat, tentunya akan memberikan dampak positif bagi tubuh, bukan? 

Meningkatkan Memori

Tidak bisa dipungkiri, semakin bertambahnya usia seseorang maka daya ingatnya akan semakin menurun. Hal ini bisa diatasi dengan minum kopi lho. 

Mencegah Kanker Kulit

Pernah ada sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa, kebanyakan orang yang mengonsumsi kopi setiap hari, memiliki risiko lebih rendah terkena kanker kulit dibandingkan orang yang jarang minum kopi. Pasalnya, kandungan kafein dalam kopi justru bisa menekan sel-sel jahat dalam tubuh yang bisa memicu kanker kulit saat terkena sinar matahari.

Meningkatkan Antioksidan Dalam Tubuh

Apakah Anda tahu? Antioksidan tidak hanya terdapat pada buah atau sayuran segar lho, kopi juga hadir. Di dalam tubuh, antioksidan juga merupakan salah satu zat terpenting bagi tubuh. Pasalnya, antioksidan sangat berguna untuk menangkal racun dalam tubuh, akibat gaya hidup yang tidak sehat, kurang olahraga dan paparan polusi saat di jalan.

Memperkuat Tulang

Sebagian orang beranggapan bahwa kalsium bisa didapatkan jika Anda rutin mengonsumsi susu. Ketika tubuh mendapat cukup kalsium, maka semua tulang di tubuh akan lebih kuat dan terhindar dari pengeroposan tulang.

Meningkatkan Produktivitas

Wajar jika kopi sering dikonsumsi oleh para pekerja keras, untuk meningkatkan produktivitas kerja mereka. 

Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Jika tidak ditangani dengan serius, akan mengakibatkan kulit menjadi kasar dan berjerawat. Kini kopi dipercaya memiliki zat yang bisa membuat pori-pori wajah mengecil dan terasa halus.

Mengatasi Wajah Berminyak

Bagi kebanyakan wanita, mengingat kulit berminyak itu tidak cantik, justru membuat wajah terlihat kotor dan tidak segar. Kemudian bilas dengan air biasa, lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Mengatasi Wajah Kusam

Setiap wanita menginginkan wajah yang cerah dan berseri, bukan? Tenang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan wajah cerah berseri, salah satunya dengan membuat masker menggunakan kopi. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kopi dipercaya sangat efektif membuat kulit wajah tampak lebih cerah secara alami.

Mengatasi Dan Menyamarkan Bekas Jerawat

Bakteri atau minyak berlebih pada kulit wajah merupakan salah satu faktor utama penyebab timbulnya jerawat di wajah. Jerawat juga dianggap mengganggu penampilan, bahkan menimbulkan rasa sakit. Jika dibiarkan terus menerus, akan menimbulkan bekas luka yang sulit dihilangkan.

Jangan khawatir, sekarang Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan wajah ke dokter, dengan kopi Anda bisa membuat masker kopi sendiri di rumah. Jika digunakan secara rutin, masker kopi dapat menyamarkan bekas jerawat di wajah dan membuat kulit wajah Anda kembali mulus.

Meningkatkan Stamina Dan Performa

Kafein yang terkandung dalam kopi sebenarnya banyak sekali manfaatnya. Jadi sebelum berolahraga, sebaiknya minum kopi terlebih dahulu. Sehingga saat berolahraga, Anda memiliki stamina dan performa yang stabil, sehingga tidak mudah lelah.

Perpanjang Hidup

Pernah ada penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi kopi secara rutin, dua hingga empat cangkir per hari memiliki risiko kematian yang lebih rendah, dibandingkan dengan orang yang jarang meminum kopi setiap hari. Jadi tidak ada salahnya Anda mencoba meminum kopi setiap hari, meski rasanya sedikit pahit, namun memiliki khasiat yang luar biasa.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Mengolah Biji Kopi Menjadi Bubuk Kopi, semoga bermanfaat.